Bahaya Mendengarkan Musik Saat Berkendara

Bahaya Mendengarkan Musik Saat Berkendara

Bahaya Mendengarkan Musik Saat Berkendara - Terkadang disaat motoran dalam perjalanan, kita merasa bosan apalagi saat terkena macet dan harus melakukan perjalanan yang cukup jauh. Sungguh hal itu sangat membuat kita para pengendara motor merasa bosan.


Untuk mengatasi kebosanan itu, bahkan sebagian para pengendara motor pernah melakukan hal yang berbahaya, yaitu memasang earphones dikupingnya dan mulai mendengarkan musik kesukaannya.


Dalam hal tersebut, memang akan sedikit menghilangkan rasa bosan dalam berkendara sepeda motor, namun ketika kamu melakukannya akan sangat beresiko terhadap keselamatan kamu dan oranglain.

Untuk menghindari hal tersebut, mari kita simak beberapa hal yang beresiko dalam keselamatan saat memasang earphones dan mendengarkan musik saat berkendara sepeda motor di jalanan.

 

1. Tingkat konsentrasi di jalanan yang berkurang

    Mendengarkan musik itu memang membuat tubuh menjadi santai dan rasa bosan akan segera pergi. Namun para pengendara tersebut konsentrasinya akan berkurang terhadap kondisi jalanan. Alasan lain memasang earphones dan mendengarkan saat berkendara sepeda motor, yaitu akan lebih fokus terhadap kondisi jalan. 

Tetapi kenyataan di jalanan tentunya jauh berbeda, sehingga menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lntas. Semua pengendara sepeda motor harus paham terhadap diri sendiri, apakah dengan memasang earphones dan mendengarkan musik saat berkendara sepeda motor akan merasa konsentrasinya terganggu atau malah biasa-biasa saja.


2. Diberhentikan oleh Petugas kepolisian

    Karena memasang earphones saat berkendara itu membahayakan, tentunya petugas kepolisian akan memberhentikan pengendara yang melakukan hal tersebut dan akan segera diberi peringatan. Maka dari itu, sebelum hal itu terjadi, tertiblah dalam berlalu lintas dan utamakan keselamatan.


3. Klakson dari pengendara lain tidak terdengar

    Apabila kamu menggunakan earphones atau headset dan mendengarkan musik saat berkendara sepeda motor, apalagi volume dari musik itu keras, pastinya bunyi klakson dari pengendara lain tidak akan terdengar. Sedangkan bunyi klakson pada kendaraan itu merupakan alat untuk berkomunikasi antar pengendara.

Dapat digunakan saat kamu hendak menyalip kendaraan yang berada di depan, contohnya dengan menekan tombol klakson ketika ingin menyalip, maka pengendara di depan akan segera memberikan jalan.

Coba bayangkan, jika kamu yang berada di depan dan ada pengendara di belakang yang hendak menyalip dan menekan klakson, tapi kamu tidak mendengar bunyi klakson karena kamu sedang menggunakan earphones atau headset untuk mendengarkan musik, tentunya itu sangatlah membahayakan.


4. Direpotkan dengan Kabel earphones atau headset yang panjang

    Pada sebagian perangkat yang digunakan, entah itu smartphone, masih banyak yang menggunakan earphones atau headset yang kabelnya panjang, sehingga itulah yang menjadi penyebab penggunaan headset yang kabelnya panjang itu merepotkan dan membahayakan.

Kabel headset yang panjang, nanti takutnya menyangkut ke tangan sehingga menyebabkan kehilangan kendali dan keseimbangan saat berkendara sepeda motor.



Jadi, itulah beberapa risiko bahaya mendengarkan musik saat berkendara. Tertib lalu lintas, utamakan keselamatan bukan kecepatan. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih
Next Post Previous Post
1 Comments
  • Unknown
    Unknown March 22, 2021 at 2:49 PM

    Terimakasih untuk informasinya kak

Add Comment
comment url