Analisis Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur

Menganalisis

Analisis Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur Pengaruh Teknologi - Sebelum Saya membahas mengenai tema pada artikel kali ini, terlebih dahulu Saya akan memberikan contoh sederhana mengenai teks prosedur. Sebenarnya, ini sangat sederhana. Bisa kita jumpai pada kemasan makanan yang didalamnya terdapat bahan-bahan yang digunakan dan cara pembuatan hingga ke cara penyajiannya.

Hal tersebut dapat diartikan sebagai sumber informasi dari sebuah karya tulis yang sangat erat hubungannya antara langkah atau tahapan dengan penyelesaian dari suatu kegiatan yang dilakukan.

Semua tahapan-tahapan yang disajikan tentunya harus memiliki kejelasan dan mudah dipahami, alangkah lebih baik apabila teks prosedur memiliki sifat yang singkat dan padat.

Itulah sedikit pembahasan mengenai contoh yang dapat saya jelaskan. Dibawah ini merupakan Analisis Struktur dan Kaidah Kebahasaan untuk judul Pengaruh Teknologi.

Judul: 

Pengaruh Teknologi


Inti/isi: 

Setelah saya membaca teks mengenai Pengaruh Teknologi, dapat saya simpulkan bahwa analisis struktur yang terdapat pada teks tersebut memiliki dua sisi pandangan, yaitu negatif dan positif. Jika diambil dari pandangan positif, pada kalangan remaja, dengan adanya pengaruh teknologi yang memiliki peningkatan, akan menjadikan pekerjaan menjadi lebih praktis dan multifungsi.

Akan tetapi, jika dilihat dari sisi negatifnya bahwa pengaruh teknologi ini akan mengakibatkan para remaja semakin kecanduan dengan perkembangan teknologi. Sehingga, hal tersebut akan menjadikan kepribadian para remaja seolah tidak bisa hidup tanpa teknologi.


Keunggulan:

Teks ini menyajikan cerita mengenai perkembangan teknologi di Indonesia. Salah satu hal yang perlu diketahui tentang pengaruh teknologi.


Kaidah Kebahasaan:

Berdasarkan teks Pengaruh Teknlogi yang sudah saya baca, saya dapat melihat bahwa bahasa yang digunakan bersifat deskriptif. Dalam teks tersebut Penulis menggambarkan  pandangannya terhadap Pengaruh Teknologi secara jelas dan terperinci. Jadi, pembaca bisa merasakan secara langsung bentuk atas apa yang terjadi meskipun hanya dengan membaca teks tersebut. Hal tersebut bisa kita temukan dari paragraf kedua.

Di paragraf tersebut, menceritakan mengenai unggulan remaja terhadap smartphone yang digambarkan dengan jelas, seperti dalam penggunaan yang praktis dan multifungsi, lalu memiliki bentuk dan ukuran yang relatif kecil, sehingga mudah dibawa kemana-mana

Selanjutnya, terdapat kata-kata yang mengungkapkan penilaian berupa pengaruh positif dan pengaruh negatif.  Coba perhatikan paragraf ketiga. Penulis mengatakan bahwa teknologi yang kita kenal dan tengah akrab di sekitar kita ternyata memiliki pengaruh positif dan negatif. 

Ada beberapa alasan yang mendukung tanggapan tersebut, yaitu dari segi positif sebagai contoh remaja akan dapat memanfaatkan smartphone atau tablet sebagai sarana untuk mengerjakan tugas dan dari segi negatif sebagai contoh para remaja akan merasa ketergantungan dan kecanduan seolah mereka tidak bisa hidup tanpa teknologi. 

Demikian artikel tentang analisis struktur dan kaidah kebahasaan pengaruh teknologi, semoga artikel ini bermanfaat. Apabila ada yang ingin ditanyakan, silakan untuk tulis saja pertanyaannya di kolom komentar yang telah disediakan. Terimakasih.

Next Post Previous Post
4 Comments
  • Unknown
    Unknown March 9, 2021 at 11:21 PM

    terimakasih kak artikelnya, sangat membantu. ijin juga untuk copy artikel kakak buat tugas sekolah

    • Ruang Edukasi
      Ruang Edukasi March 9, 2021 at 11:24 PM

      iya, silahkan

  • Unknown
    Unknown March 9, 2021 at 11:22 PM

    sangat membantu kak

    • Ruang Edukasi
      Ruang Edukasi March 9, 2021 at 11:24 PM

      terimakasih, senang bisa membantu

Add Comment
comment url